Translate this page to the following language!

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


Jenis-jenis Tanaman Obat Tradisional

Princes : Obat tradisional yaitu jenis obat – obatan yang di proses dengan cara tradisional. Pengolahan obat-obatan ini umumnya dikerjakan dengan cara turun temurun menurut resep dari para leluhur.

Tak hanya di kembangkan dengan cara turun temurun, obat-obatan tradisional ini juga banyak dikaitkan dengan adat istiadat, keyakinan, serta juga rutinitas yang berlaku di lokasi setempat. Seringkali jika obat-obatan tradisional ini juga berbau mistis maupun pengetahuan yang sifatnya tetap tradisi.

Obat Tradisional




Menurut beberapa riset yang dikerjakan sampai saat ini, obat-obatan tradisional memanglah dapat dibuktikan berguna untuk kesehatan tubuh manusia. Hal semacam ini selanjutnya membuat beberapa peneliti serta pakar obat-obatan gencar mempublikasikan pengobatan yang memakai obat-obatan yang di buat dengan cara tradisional.

Selain karena obat-obatan tradisional ini dapat dibuktikan khasiatnya, obat-obatan ini dapat lebih terjangkau oleh golongan masyarakat, baik dari sisi harga nya ataupun dari sisi ketersediaannya.


Hal itu juga didukung dengan tak adanya efek samping yang bermakna saat memanfaatkan obat-obatan ini. Hal semacam ini disebabkan, obat-obatan tardisional yang terbuat dari beberapa bahan alami tetap dapat dicerna oleh tubuh manusia.

Dengan bermacam manfaat yang dipunyai oleh obat-obatan tradisional ini, sebagian perusahaan obat, mengolah jenis obat-obatan tradisional yang lalu di kembangkan jadi obat-obatan yang lebih praktis.

Bagian dari obat-obatan tradisional yang kerap digunakan umumnya berbentuk akar, batang, daun, bunga, rimpang, serta buah. Bagian-bagian yang umum dipakai untuk obat-obatan tradisional ini lalu di proses oleh perusahaan-perusahaan obat serta di pasarkan dalam bentuk, serbuk, cair, tablet, kapsul, atau bentuk yang lain. Dengan demikian, obat-obatan tradisional ini bisa dengan gampang dikonsumsi oleh orang-orang pada umumnya.
Jenis-jenis Tanaman Obat Tradisional

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, obat-obatan tradisional umumnya memakai bagian-bagian dari tanaman. Seringkali jika tanaman yang umum dijadikan untuk obat-obatan tradisional ini ada di pekarangan atau kebun di halaman rumah. Berikut adalah beberapa tanaman obat-obatan tradisional beserta manfaatnya.

Keladi Tikus

Keladi tikus adalah satu diantara tanaman obat yang mempunyai manfaat untuk penghambat serta juga obat untuk penyakit kanker. Menurut riset yang dikerjakan di negara Malaysia, tanaman obat ini mempunyai senyawa yang dapat menangani penyakit kanker yang terkena oleh manusia. Tak hanya bisa menyembuhkan kanker, tanaman yang satu ini dapat juga menangani kista serta juga mioma

Benalu Teh

Benalu teh atau yang lebih di kenal dengan sebutan pasilan adalah tanaman yang datang dari China. Di negara Cina sendiri, tanaman ini di kenal dengan nama Jisheng.

Untuk tanaman obat, benalu teh ini mempunyai kandungan berbentuk senyawa flavonoid yang bermanfaat untuk obat anti kanker. Hal semacam ini karena senyawa flavonoid sendiri dapat menghalangi perubahan beberapa sel kanker dalam badan.

Tak hanya bermanfaat untuk penghambat perkembangan sel kanker, benalu teh ini dapat bermanfaat memperlancar air seni. Senyawa yang dikandung oleh tanaman obat yang satu ini dapat juga digunakan untuk jadi besar pembuluh arteri jantung, untuk obat yang berperan untuk anti radang, serta menghindar osteoporosis.

Mahkota Dewa

Untuk beberapa orang-orang yang mengetahui beberapa macam tanaman obat, pasti mahkota dewa adalah tanaman yg tidak asing lagi di telinga

Makuto dewo atau mahkota dewa ini adalah tanaman yang datang dari negara Cina.

Di negara Cina sendiri, tanaman ini di kenal dengan nama Shian Thao. Tanaman ini dapat dibuktikan memiliki kandungan senyawa lignin, tanin, flavonoid, alkaloid, serta saponin yang pastinya berguna untuk kesehatan manusia.

Manfaat dari tanaman obat ini yaitu bisa menghalangi perkembangan beberapa sel kanker, menghalangi beberapa sel leukeumia, menambah stamina serta ketahanan badan, menangani keluhan asam urat, menyembuhkan penyakit diabetes, turunkan desakan darah tinggi, turunkan kolesterol, serta ada banyak lagi.

Pasak Bumi

Sama halnya dengan tanaman mahkota dewa, pasak bumi juga di kenal untuk tanaman yang umum dipakai dalam pengobatan-pengobatan tardisional. Pasak bumi atau yang kerap juga dikatakan sebagai tongkat tali ini memiliki kandungan beta-sitosterol yang bermanfaat untuk memperlebar pembuluh darah.

Tanaman yang dipakai untuk cara penyembuhan tardisional ini selan bermanfaat memperlebar pembuluh darah, dapat juga digunakan untuk perangsang saraf pusat. Pasak bumi dapat juga digunakan untuk mempebaiki kandungan testosteron pria serta membuat lancar aliran darah.

Pegagan

Pegagan adalah tanaman obat yang mempunyai banyak nama di tiap-tiap daerahnya seperti daun kaki kuda, antanan, pegaga, regedeg, serta lain sebagainya

Tanaman obat ini datang dari negara Cina yang di lokasi aslinya di kenal dengan sebutan Ji Xue Cao, sedang di lokasi Inggris, tanaman ini di kenal dengan sebutan Indian Hydrocotyle

Tanamn obat ini menganudng senyawa betakarotin, asam asiatat, magnesium, kalium, natrium, serta karotenoid. Dengan beragam senyawa yang terdapat di dalamnya, tanaman ini bermanfaat turunkan desakan darah, menyembuhkan bronchitis, menyembuhkan penyakit stroke, serta menangani beragam jenis peradangan seperti radang paru-paru, radang tenggorokan, sampai radang lambung.

Demikianlah pembahasan kita mengenai jenis-jenis tanaman obat tradisional. Namun demikian ada banyak sekali jenis-jenis tanaman obat tradisional yang saat ini masih dimanfaatkan sebagai bahan dari obat-obatan tradisional contohnya tanaman purwaceng, tempuyung, sambiloto, temu putih, temulawak, , kopi,  temu manga dan lain sebagainya. Namun kali ini hanya itu saja yang sempat saya sampaikan untuk para pembaca. Semoga bemanfaat!

0 komentar:

Post a Comment